Pengertian PLC, SCADA, BAS, BMS, dan RTU


1.      Jelaskan prinsip kerja PLC

Secara umum PLC terdiri dari dua komponen penyusun utama :
        Central Processing Unit (CPU)
        Sistem antar muka input/output

        Fungsi CPU adalah mengatur semua proses yang terjadi di PLC.  Ada tiga komponen utama penyusun CPU yaitu : prosesor, memori, dan power suplai. Interaksi antara ketiga komponen ini dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.



2.      Jelaskan apaitu PLC, SCADA, BAS, BMS, RTU, dan pada saat kapan aplikasi tersebut di pakai

        Programable logic controller (PLC) pada dasarnya adalah sebuah komputer yang khusus dirancang untuk mengontrol suatu proses atau mesin.
Pada saat proses yang dikontrol dapat berupa regulasi variabel secara kontinu seperti pada sistem servo, atau hanya melibatkan kontrol dua keadaan (On/Off) saja, tetapi dilakukan berulang-ulang seperti pada mesin penggurdian, sistem konveyor, dan sebagainya.

        Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersebut.
digunakan saat melakukan proses industri yang kompleks secara otomatis, menggantikan tenaga manusia (bisa karena dianggap berbahaya atau tidak praktis - konsekuensi logis adalah PHK), dan biasanya merupakan proses-proses yang melibatkan faktor-faktor kontrol yang lebih banyak, faktor-faktor kontrol gerakan-cepat yang lebih banyak, dan lain sebagainya, dimana pengontrolan oleh manusia menjadi tidak nyaman lagi.

        Building automation system (BAS) adalah sebuah pemrograman, komputerisasi, intelligent network dari peralatan elektronik yang memonitor dan mengontrol sistem mekanis dan sistem penerangan dalam sebuah gedung.
Digunakan untuk mengkoordinasi, mengorganisasi, dan mengoptimasi kontrol subsistem pada gedung seperti keamanan, kebakaran/keselamatan, elevator, dan lain-lain.

        Building Monitoring System (BMS) adalah sistem kontrol berbasis komputer dipasang di bangunan yang mengontrol dan memantau peralatan mekanik dan listrik bangunan seperti ventilasi, pencahayaan, sistem tenaga, sistem kebakaran , dan sistem keamanan.
Digunakan untuk mengkoordinasi, mengorganisasi, dan mengoptimasi kontrol subsistem pada gedung seperti keamanan, kebakaran/keselamatan, elevator, dan lain-lain.

        RTU (remote terminal unit) adalah salah satu komponen penting SCADA yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan beberapa controller (PLC) dan SCADA server. RTU dalam hal ini berfungsi sebagai penghubung antara SCADA server dengan beberapa PLC sekaligus.
Digunakan saat sensor yang di pasang akan di hubungkan dengan SCADA. Bisa kita bilang sebagai pengubung dan digunakan juga saat ingin membaca nilai analog dari sensor.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan antara rangkaian kontrol close loop dan open loop

Simulasi PLC rangkaian Mesin Cuci Mobil Otomatis dengan Menggunakan kombinasi CX Programmer dengan CX Designer